cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 35 Documents clear
ANALISIS PERKEMBANGAN KENDARAAN BERMOTOR DI BALI MENGGUNAKAN HOLT’S SMOOTHING MODEL Satya Adi Wiryanata, I Komang; Candiasa, I Made; Suarsana, I Made
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peramalan perkembangan kendaraan bermotor di Bali dengan menerapkan Holt’s Smoothing Model. Data jumlah kendaraan bermotor di Bali tahun 1996-2019 bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali menunjukkan adanya pola trend, sehingga Holt’s Smoothing Model dapat digunakan untuk menganalisis perkembangan kendaraan bermotor di Bali. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh rata-rata persentase error (MAPE) prediksi yang dihasilkan pada masing-masing konstanta smoothing ( ) sebesar 4,25%, ( ) sebesar 3,99%, ( ) sebesar 4,05%, ( ) sebesar 4,18%, ( ) sebesar 4,21%, ( ) sebesar 3,79%, ( ) sebesar 3,86%, ( ) sebesar 4,02%, dan ( ) sebesar 4,22%. MAPE yang dihasilkan memiliki tingkat akurasi yang sangat baik yang artinya metode ini dapat digunakan untuk meramalkan perkembangan kendaraan bermotor di Bali. MAPE terkecil didapatkan saat menggunakan konstanta smoothing ( ), sebesar 3,79%. Berdasarkan nilai MAPE terkecil yaitu 3,79% dengan tingkat keakuratan peramalan adalah 100%-3,79%= 96,21% kemudian dilakukan prediksi perkembangan kendaraan bermotor di provinsi Bali pada tahun 2020, 2021, dan 2022, sehingga diperoleh jumlah kendaraan bermotor di Bali tahun 2020 sebanyak 4.579.208 kendaraan, tahun 2021 sebanyak 4.806.407 kendaraan, dan tahun 2022 sebanyak 5.033.606 kendaraan. Kata-kata kunci: Kendaraan Bermotor di Bali; Peramalan; Holt’s Smoothing Model
PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP Wijaya, Ariska Juwita; Pujiastuti, Heni
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequi valent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 orang siswauntukkelaskontol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan sebesar α = 0,05, diperoleh thitung> ttabel(1,917> 1,665), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan dikelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol 46. Kata-kata kunci:Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis
Penerapan Model Matematika untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 di Sektor Pendidikan Indonesia di Era New Normal Agus Muntaha; Eko Syaiful Anwar
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah membuat model matematika yang dapat di terapkan di lingkungan pendidikan untuk pencegahan penyebaran covid-19 di era New Normal. Peneliti menggunakan metode literatur yang mengumpulkan berbagai sumber terpercaya mengenai covid-19. Hasil penelitian bahwa model matematika Nh+x=  (1+ R . P)xNh dapat diterapkan di sektor pendidikan dengan mengharuskan Nh, R, dan P mendekati 0. Dengan demikian model matematika yang telah didapat dari penelitian ini dapat diterapkan supaya penyebaran covid-19 tidak terjadi di sektor pendidikan.  Kata-kata kunci: covid-19, model matematika. 
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI ANALISIS REAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DITINJAU DARI RANAH KOGNITIF Dewi Novitasari; Heni Pujiastuti
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman  konsep berdasarkan taksonomi BLOOM dalam memecahkan permasalahan materi Analisis Real ditinjau dari Ranah Kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif.Subyek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa semester 6 Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan kognitif yang tinggi dapat memenuhi semua kriteria tahapan pemecahan masalah dan memenuhi semua indikator pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi BLOOM. Mahasiswa dengan kemampuan kognitif sedang hanya memenuhi beberapa kriteria tahapan pemecahan masalah yang meliputi pemahaman permasalahan, merencanakan penyelesaian permasalahan dan menyelesaikan proses pemecahan masalah serta memenuhi beberapa kriteria indikator pemahaman konsep yaitu pemahaman, penerapan dan analisis. Mahasiswa dengan kemampuan kognitif rendah hanya memenuhi beberapa tahapan yaitu memahami permasalahan serta memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu pengetahuan dan pemahaman. Kata-kata kunci:Pemahaman Konsep, Taksonomi BLOOM, Analisis Real, Kemampuan Kognitif.
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGONSTRUKSI MODEL MATEMATIKA PADA SOAL CERITA Agus Muntaha; Teguh Wibowo; Nila Kurniasih
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam membuat atau mengonstruksi model matematika pada soal cerita. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah  siswa berkemampuan sedang. Dalam arti lain adalah siswa yang berada pada nilai rerata kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini bahwa Siswa berkemampuan sedang mengalami kesulitan dalam pembuatan model matematika pada soal cerita. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa tersebut tidak memahami langkah-langkah pemodelan matematika, belum mampu dalam mengasumsikan kalimat verbal khususnya dalam mengasumsikan  dua variabel yang sama, siswa belum mampu menjelaskan kembali kenapa memilih simbol yang tertuang dalam persamaan matematika atau model matematika. Kata-kata kunci: kesulitan, model matematika, kualitatif.
PENGEMBANGAN MATERI ALJABAR LINIER DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP Christa Voni Roulina Sinaga; Apriani Sijabat
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Berbagai sumber informasi seperti media massa seringkali menyajikan informasi dalam bentuk angka, tabel, atau diagram yang harus dimaknai dengan menerapkan ilmu matematika. untuk dapat memperoleh informasi yang benar dari apa yang dibacanya itu, dibutuhkan pengetahuan tentang literasi tentang angka, cara membaca tabel, dan juga diagram. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dapat ditujukan untuk mengetahui apakah materi aljabar linier yang dikembangkan dengan model PBL memenuhi kriteria validasi, kepraktisan dan efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Sampel dalam penelitian diambil berdasarkan purposive sampling yaitu satu kelas siswa SMP Negeri 1 Gunung Malela yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi aljabar yang dikembangkan telah memenuhi syarat: validasi dengan rata-rata nilai 3,18; kepraktisan dengan persentase 80%; dan efektivitas karena 75% siswa mendapat nilai lebih dari 75.Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, pengembangan materi ajar, problem based learning.
Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Berdasarkan Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) Nur Faddilah Sani; Farida Farida; Siska Andriani
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL), perbedaan kemampuan metakognitif pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, serta interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungsari dengan sample satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik analisis variansi dua jalan sel tak sama (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan model pembelajaran Discovery Based Learning terhadap kemampuan metakognitif, tidak terdapat perbedaan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik  terhadap kemampuan metakognitif, dan tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dengan kategori gaya belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa.
ANALISIS PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DAN TANGGUNGJAWAB DALAM PEMEBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII Athoillah Athoillah; Erni Puji Astuti; Puji Nugraheni
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendisripsikan penanaman nilai demokrasi dan tanggungjawab dalam pembelajaran matematika SMP kelas VIII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang guru matematika SMP kelas VIII. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara tidak terstruktur. Tahapan dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai demokrasi dalam pembelajaran matematika kelas VIII dilakukan dengan memberikan hak siswa berupa kebebasan dalam mengembangkan penyusunan algoritma penyelesaian masalah yang diberikan. Penanaman nilai tanggungjawab ditanamkan dengan menanyakan argumen siswa terkait penyususnan algoritma penyelesaian masalah yang digunakan.Kata-kata kunci: Nilai Demokrasi, Nilai Tanggungjawab, Penanaman. 
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA SOAL PROBLEM SOLVING Pratiwi Anggraeni; Saripudin Saripudin; Luvy Sylviana Zanthy
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMP .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah SMP dalam menyelesaikan soal problem solving. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VIII di Kota Cimahi, sample berjumlah 30 siswa yang selanjutnya dianalisis hasil jawabannya. Dari data yang sudah didapat lalu dipresentasekan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri atas 6 butir soal dan wawancara secara langsung. Berdasarkan tes uji soal terhadap siswa didapat bahwa sebagian siswa dalam satu kelas sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah , adapun sebagian siswa lagi dalam kategori belum memiliki kemampuan pemecahan masalah.Kata-kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah, Problem Solving.
ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI Syahlan Syahlan; Hamzah Sa’ban Saragih
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kemampuan peserta didik yang perlu dikembangkan tidak hanya pada pengetahuan yang bersifat algoritmik, menerapkan konsep dasar dalam menyelesaikan permasalahan, menggunakan satu solusi, maupun mendeskripsikan konsep dasar, tetapi sudah mengarah pada aktivitas nonalgoritmik, bersifat kompleks, serta mempunyai banyak solusi. Untuk itu, maka perlu adanya eksplorasi terkait kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang meliputi keterampilan berpikir dan keterampilan proses. Metode yang digunakan adalah metode eksploratif, menggunakan tes yang menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sumatera Utara yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil eksplorasi diketahui bahwa pada aspek kemampuan berpikir kritis hanya 30% yang mampu mengintegrasikan strategi, pada aspek kemampuan berpikir kreatif hanya 10% yang mampu mengelaborasi konsep, dan pada aspek kemampuan pemecahan masalah hanya 30% yang mampu melihat kembali setiap tahapannya.Kelemahan mahasiswa dalam keterampilan proses terletak pada kesalahan dalam menggunakan konsep, kesalahan dalam menggunakan data, kesalahan dalam menggunakan algoritma perhitungan.Kata Kunci: keterampilan berpikir, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses.

Page 1 of 4 | Total Record : 35